Pengertian Google
AdSense
Pengertian AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui Internet
yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik
situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya
diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan
oleh Google di halaman web mereka.
Pemilik website atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian
keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs,
yang dikenal sebagai sistem pay per click (PPC) atau bayar-per-klik.
Selain menyediakan iklan dengan membayar per klik sistem, juga menyediakan
AdSense Google AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan
(Referral). AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak
pencarian Google di halaman web mereka.
Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap
pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian, yang terus klik pada
iklan yang disertakan pada hasil pencarian. Pada iklan arahan, pemilik situs
akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan
tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dan pengiklan.
Man Manfaat Dan Fungsi Google Adsense
Anda akan memperoleh keuntungan apabila iklan Anda tersebut di
klik dan akan dibayar berdasarkan jumlah klik yang didapatkan. Dan itu pun
jumlah uang yang diperoleh atau didapatkan dari per kliknya pasti berbeda.
Tergantung negara mana si pengunjung tersebut berada.
Istilah Dalam Google
AdSense
1.
Publisher
Publisher
atau penerbit adalah orang atau pemilik situs web yang sudah terdaftar atau
disetujui oleh aplikasi Manager untuk menempatkan iklan AdSense di situs
mereka. Penerbit yang menerbitkan iklan google disebut google adsense
publisher.
2. Ad Units
Ad Units adalah iklan AdSense itu sendiri. Ad Units terdiri
dari beberapa jenis dan beberapa ukuran. Jenis yang paling umum dari teks
iklan. Pada saat pengunjung mengklik unit iklan, maka (jika sah) pemasang iklan
akan mendapatkan pemasukan sesuai dengan BPK.
3. Link
Units
Unit
link mirip dengan Ad Units, hanya saja formatnya mirip dengan format menu yang
biasa kami temui di website. Yang membedakan Link Units dengan Ad Units adalah
ketika pengunjung mengklik iklan, maka akan diarahkan ke halaman hasil
pencarian di mesin pencari Google.
4. AdSense for Content
AdSense
for Content diinstal iklan AdSense pada halaman. Iklan yang muncul adalah iklan
yang berhubungan dengan isi halaman. Atau hubungi menggunakan konsep
kontekstual. Ad Units dan Link Units termasuk dalam AdSense for Content.
5. Alternate Ads
Dalam
AdSense for Content, iklan tidak selalu muncul. Alasannya, antara lain, bisa
karena pasokan iklan yang berhubungan dengan isi situs sudah habis atau Google
tidak dapat memperkirakan apa isi sebenarnya dari situs. Jika ini terjadi,
secara default, yang ditampilkan adalah iklan layanan masyarakat atau yang
biasa dikenal sebagai PSA (Public Service Ads). Karena jenis donasi, jadi jika
diklik, iklan ini tidak menghasilkan apa-apa bagi publisher.
9 Manfaat, Pengertian
Dan Fungsi Google Adsense Dalam Pengiklanan
1. Channels
Channels
adalah semacam label yang dapat diberikan kepada Ad Units, Link Units, AdSense
for Search, dan Referrals. Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu label,
dan sebaliknya, satu label dapat digunakan untuk lebih dari satu unit iklan.
Google halaman laporan AdSense, laporan akan dikelompokkan berdasarkan
Channels, yang akan sangat memudahkan penggunaan Channels publisher untuk
menganalisa performa AdSense mereka.
Umumnya,
publisher akan memberikan nama Channels yang sama pada unit iklan yang ada di
satu situs. Jika Anda ingin lebih detail, untuk memberikan saluran yang sah
dari nama yang berbeda pada setiap unit iklan di masing-masing lokasi. Ingat,
jumlah maksimum Channels yang diperbolehkan saat ini adalah 200 kanal.
2. Page Impressions
Page
Impressions adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung
Ad Units dibuka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad
Units di halaman yang relevan.
3. Clicks
Clicks
adalah jumlah klik pada Ad Units milik publisher. Di halaman laporan AdSense,
penerbit dapat melihat total klik yang ia miliki, dan dengan Ad Units atau
saluran.
4. CTR (Clickthrough Rate)
CTR
adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu Ad
Units dengan jumlah tampilan unit iklan. Misalnya, satu Ad Units yang
ditampilkan 40 kali dan diklik 10 kali memiliki nilai CTR 25% (10:40).
5. CPC (Cost Per Click)
CPC
adalah jumlah uang yang akan didapatkan oleh publisher ketika Ad Units tertentu
diklik. Nilai CPC masing-masing Ad Units berbeda dan ditentukan oleh banyak
faktor, termasuk performa dan kualitas penerbit situs. Namun secara umum, nilai
maksimal yang mungkin adalah 20% dari nilai tawaran dinamis yang ditawarkan
oleh pemasang iklan.
6. eCPM (Effective CPM)
eCPM
atau CPM (Cost Per Million) adalah hasil dari membagi jumlah pendapatan
publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000), yang ia dapatkan dari
iklan. Sebagai contoh, sebuah penerbit yang memproduksi $ 200 dari 50.000
tayangan CPM akan memiliki nilai $ 4 ($ 200 dibagi 50).
7. Kebijakan program AdSense
Meski
program AdSense memberikan keuntungan yang besar, Google menetapkan aturan
ketat untuk melindungi kepentingan semua pihak yang terlibat, termasuk pemasang
iklan yang sering dirugikan oleh pemilik situs yang bertindak anggota program
AdSense tidak benar. Beberapa larangan yang harus dipatuhi pemilik peserta dari
website atau program AdSense blog adalah:
Mengklik iklan yang ditampilkan situs milik
sendiri, baik dengan cara manual atau dengan bantuan perangkat lunak khusus
Dengan sengaja mendorong pengunjung situs
untuk mengklik iklan yang ditampilkan, misalnya dengan kata-kata “klik iklan
ini” atau “kunjungi halaman ini”
Mengubah bentuk dan ukuran unit iklan yang
telah ditentukan Google
Membuat pranala langsung menuju halaman hasil
pencarian AdSense untuk pencarian
Mengisi secara otomatis kotak pencarian
AdSense dengan Kata kunci tertentu
Memanipulasi target iklan dengan katakunci
tersembunyi atau dengan IFRAME
Kode unit iklan AdSense harus ditempatkan
langsung pada kode html Situs web tanpa perubahan.
Pemilik situs tidak diperbolehkan mengubah
kode AdSense dengan alasan
apapun, misalnya dengan tujuan menampilkan
hasil klik di jendela pop up
atau mengalihkan target iklan.
8. Optimisasi Penghasilan AdSense
Potensi
Program keuntungan AdSense membuat banyak pemilik situs web mengembangkan
berbagai metode untuk meningkatkan jumlah klik pada iklan yang mereka
publikasikan. Sebagian metode terbukti ilegal dan melawan kebijakan resmi
program AdSense. Metode lain diperbolehkan, bahkan dianjurkan penggunaannya
oleh Google. Beberapa metode yang dianggap sah adalah:
Memodifikasi warna unit iklan menggunakan
palet warna yang disediakan AdSense
Meletakkan unit iklan pada posisi tertentu
pada halaman web yang dianggap memiliki tingkat keterbacaan tinggi
Menghilangkan garis tepi unit iklan dan
menyamakan warna latarnya dengan warna latar halaman web sehingga unit iklan
terlihat membaur dengan isi halaman
9. Banned Google AdSense
Banned
google adsense adalah larangan menampilkan iklan Google di situs web penerbit,
di mana sanksi yang disediakan oleh Google AdSense untuk penerbit yang
melanggar kebijakan program. Dilarang google ada beberapa macam, iklan pertama
dinonaktifkan sehingga iklan tidak dapat muncul pada salah satu halaman
tertentu melanggar kebijakan program.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar